5 Contoh Kalimat Rancu dan Perbaikannya



    1. Tubuhnya tersungkur terkelembab ke dalam lubang ketika sepeda motornya tersandung batu besar pada saat melaju kencang.
    2. Manusia menggunakan alat komunikasi telepon untuk saling berhubungan dalam jarak jauh.
    3. Meskipun presiden punya agenda besar soal demiliterisasi politik dan penegakan hak asasi tetapi itu tidak dengan mudah menuntaskan persoalan kekerasan atau militerisme di Indonesia.
    4. Dari data yang didapat menunjukkan bahwa kenaikan BBM itu cukup menyulitkan rakyat kecil.
    5. Sektor pariwisata yang mana merupakan tulang punggung perekonomian negara harus senantiasa ditingkatkan.


    Perbaikan :
    1. Tubuhnya tersungkur ke dalam lubang ketika sepeda motornya tersandung batu besar pada saat melaju kencang. (Pleonase)
    2. Manusia menggunakan telepon untuk saling berhubungan dalam jarak jauh. (Pleonase)
    3. Presiden punya agenda besar soal demiliterisasi politik dan penegakan hak asasi tetapi itu tidak dengan mudah menuntaskan persoalan kekerasan atau militerisme di Indonesia.
              atau
    Presiden punya agenda besar soal demiliterisasi politik dan penegakan hak asasi tetapi itu tidak dengan mudah menuntaskan persoalan kekerasan atau militerisme di Indonesia.
    alasan :
    Penggunaan pasangan meskipun...tetapi pada kalimat tersebut akan menimbulkan kerancuan pikiran. Kata meskipun menyatakan 'alasan', sedangkan kata tetapi menyatakan 'perlawanan'. Penggabungan dua kata penghubung itu dalam satu kalimat tentulah menimbulkan hubungan pikiran tidak logis.
    4. Kenaikan harga BBM cukup menyulitkan rakyat. (Tidak baku karena tidak memiliki Subjek)
    5. Sektor  pariwisata yang merupakan tulang punggung perekonomian negara harus senantiasa ditingkatkan. (Pengaruh bahasa asing)

    Komentar

    Populer