KESALAHAN DALAM PENULISAN ATAU PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA 


Bahasa indonesia Indonesia merupakan bahasa sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ada berbagai macam cara menggunakan bahasa Indonesia dalam keseharian. Misalnya menggunakan bahasa baku dalam dalam berbagai hal atau bahasa sehari-hari yang berasal dari daerah itu sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari sering kita temukan beberapa kata yang memiliki penulisan berbeda. Ini menimbulkan pertanyaan mana yang benar dan salah. Dalam kamus KBBi ada istilah untuk menyebutkan ambiguitas ini. Namanya adalah kata baku dan tidak baku. Bagi Anda yang tidak bekerja di bidang ilmiah, pastinya kurang terlalu mempermasalahkan beberapa kalimat yang tak sesuai dengan kaidah.
Kata yang ada pada kamus besar bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah dan ketentuan disebut dengan kata baku. Sedangkan beberapa yang pengucapan atau penulisannya melenceng dari aturan yang telah ditetapkan, disebut dengan tidak baku. Berikut beberapa kesalahan  dalam mengartikan sebuah kata dalam Bahasa Indonesia:
1. Abjad atau abjat?

Manakah penulisan yang benar, abjad atau abjat?

Manakah yang merupakan kata baku, abjat atau abjad?



Abjad atau abjat adalah sebutan untuk kumpulan huruf yang biasa kita gunakan misalnya a, b,c,d, e, dan seterusnya. Bila bicara soal kata baku, manakah penulisan yang benar dari keduanya?

         

Bila mengambil rujukan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka kata yang benar adalah abjad dengan menggunakan huruf d. Kata abjat dengan t bukan termasuk kata baku. Kata yang benar dan baku adalah abjad. sedangkan penulisan yang benar adalah abjad.



Arti kata abjad menurut KBBI adalah:

  1. kumpulan huruf dengan urutan tertentu dalam sebuah bahasa.
  2. Sistem penulisan yang melambangkan bunyi dari kata atau bahasa yang dipakai.
2. Provinsi atau propinsi?


Manakah penulisan yang benar, provinsi atau propinsi?

Manakah yang merupakan kata baku? Propinsi atau provinsi?



Kata propinsi atau provinsi adalah kata yang sering digunakan dalam pemerintahan. Provinsi atau propinsi merupakan wilayah pemerintahan yang berada di bawah negara. Bila kita bicara kata baku, maka kan muncul pertanyaan, mana yang benar karena kata ini memiliki dua versi, yaitu propinsi dan provinsi.



Bila merujuk pada KBBI, maka kamu akan menemukan bahwa kata yang benar adalahprovinsi dengan menggunakan huruf v. Kata propinsi yang ada dalam KBBI akan mengacu pada provinsi. Walaupun masih banyak daerah atau pihak yang menggunakan propinsi, gunakanlah kata provinsi sebagai kata baku yang benar menurut eyd dan aturan baku.

Provinsi atau Propinsi, yang Benar Adalah, Provinsi.

Arti kata provinsi menurut KBBI adalah wilayah yang dipimpin oleh seorang gubernur.

Catatan penting:
Karena banyaknya istilah dan singkatan menggunakan provinsi, maka kami akan memberikan referensi seperti di bawah ini.

  • Pemerintah Provinsi.
    Pemprov atau pemprop, yang benar adalah pemprov.
  • Pekan Olahraga Provinsi
    Porprov atau Porprop, yang benar adalah porprov.
3. Sekring atau Sikring?


Manakah penulisan yang benar, sekring atau sikring?

Manakah yang merupakan kata baku, sikring atau skring?



Sekring atau sikring adalah alat yang digunakan untuk mencegah kebakaran akibat listrik. Orang-orang sering menggunakan kata sekring dan ada juga yang menggunakan kata sikring. Mankaah yang benar?



Bila dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka kamu kanha menemukan kata sekring. Kata sikring atau skring bukan kata baku.



Kata yang benar dan baku adalah sekring. 

Arti kata sekring menurut KBBI adalah: alat untuk mengukur atau mengamankan arus listrik. Sepotong kawat yang menghubungkan rangkaian arus listrik. 

4. Istri atau isteri?


Manakah penulisan yang benar, isteri atau istri?
Manakah yang merupakan kata baku, istri atau isteri?

Mungkin sebagian orang agak ragu dalam menentukan mana jawaban yang benar dari pertanyaan di atas. Untuk menjawab dengan benar, diperlukan referensi yang benar, tidak bisa asal tebak. Kata yang benar bisa saja istri atau malah isteri.

Bila dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka kamu akan menemukan bahwa yang benar adalah istri, tanpa tambahan huruf e. Kata isteri bukan merupakan kata baku.

Kata yang benar dan baku adalah istri.

Arti kata istri menurut KBBI adalah:
       1. Wanita yang telah menikah.
      2. Wanita yang dinikahi.

5. Roboh atau rubuh?


Manakah yang benar? Roboh atau rubuh?
Manakah yang merupakan kata baku, rubuh atau roboh?

Roboh atau rubuh adalah kata yang menggambarkan keadaan tumbang atau runtuh. Bila kita bicara tentang aturan baku, maka akan muncul pertanyaan mana kata yang benar karena terdapat dua versi, rubuh atau roboh?

Bila kita merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka kita akan menemukan bahwa kata rubuh akan diarahkan pada kata roboh. Kata yng baku dan benar menurut KBBI adalah roboh. Jadi, bila menggunakan kata ini, gunakanlah kata roboh.

Kata yang benar adalah roboh.

Arti kata roboh menurut KBBI adalah runntuh, rebah, jatuh.

Turunan kata roboh:
       1. Perobohan artinya adalah proses, cara merobohkan.
       2. Merobohkan artinya adalah membuat roboh atau menyebabkan roboh atau runtuh.
       3. Robohan atau kerobohan artinya adalah runtuhan, reruntuha, puing-puing hasil roboh.

Untuk kata contoh kata baku dan tidak baku lainnya bisa dilihat disini.

Sumber :

Komentar

Populer